Minggu, 04 Januari 2009

WUDHU

WUDHU

Alhamdulilah, pada kesempatan yang baik ini saya bisa menulis kembali beberapa tulisan atau terusan yang mengenai pembahasan tentang sholat. Ini merupakan mujijat buat saya, karena sudah hampir 3 tahun lebih saya tidak melanjutkan tulisan diblog ini. Luar biasa, tentunya waktu 3 tahun merupakan jangka yang cukup panjang. Seperti yang telah saya jelaskan bahwa saya akan melanjutkan tulisan saya ini secara berangsur - angsur. Nah mungkin baru kali ini hati saya terketuk kembali untuk segera melanjutkan tulisan yang sangat bermanfaat untuk saya pribadi maupun untuk para pembaca blog saya yang memang membutuhkan.

Kalau saya lihat di bawah pembahasan tulisan saya baru sampai mengenai MANDI. Mandi merupakan salah satu syarat untuk sahnya menjalankan sholat. Sedangkan pembahasan kita disini masih sangat jauh atau panjang. Karena nanti pada intinya saya akan menyampaikan inti yang sebenarnya, yaitu panduan sholat atau tata cara melakukan sholat.

Baiklah mari saja segera saya lanjutkan tulisan saya yaitu mengenai WUDHU.

Wudhu menurut bahasa artinya bersih atau indah, sedangkan menurut syara adalah membersihkan anggota wudhu untuk menghilangkan hadas kecil.

  1. Rukun – rukun wudhu.

Rukun wudhu dapat di bagi menjadi enam :

  1. niat
  2. membasuh muka
  3. membasuh kedua tangan hingga siku
  4. mengusap sebagian rambut kepala
  5. membasuh kedua kaki hingga mata kaki
  6. tertib artinya teratur tidak bolak balik.

  1. Sunah – sunah wudhu.

Ada beberapa hal yang termasuk ke dalam sunah – sunah wudhu di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. dimulai dengan membaca BASMALAH ( bismillahir rahmaanir rahiim )
  2. membasuh kedua tangan sampai pergelangan tangan.
  3. berkumur – kumur membersihkan gigi
  4. membersihkan lubang hidung.
  5. membasuh seluruh rambut kepala dengan air
  6. membasuh kedua telinga, bagian luar dan dalam.
  7. membersihkan sela jari tangan dan kaki
  8. membaca doa sesudah wudhu.
  9. selalu mendahulukan yang kanan dan mengahirkan dengan yang kiri
  10. semuanya di lakukan tiga kali

  1. Batalnya wudhu.

Ada beberapa hal yang membatalkan wudhu di antaranya sebagai berikut :

  1. keluarnya benda dari qubul atau kemaluan dan dubur atau anus misalnya kentut, buang air besar ( pup )
  2. hilang akal ( gila ), mabuk, pingsan, dsb.
  3. menyentuh kemaluan qubul ataupun dubur anus dengan tangan kanan atau jari – jari tangan dengan tanpa penutup, baik terhadap kemaluan miliknya atau anaknya sendiri.
  4. bersentuhan kulit antara lelaki dan perempuan yang bukan muhrimnya.
  5. tidur.

  1. Tata cara berwudhu

Ada beberapa tata cara berwudhu yaitu di antaranya :

  1. dimulia dengan membaca “BASMALAH” sambil mencuci kedua tangan sampai pergelangan tangan hingga bersih.
  2. berkumur sambil membersihkan gigi
  3. membersihkan lubang hidung tiga kali
  4. membasuk muka tiga kali, mulai dari tumbuhnya rambut kepala sampai bawah dagu dan dari telinga kanan hingga telinga kiri, di sertai niat wudhu :

bacaanya sebagai berikut :

Nawaitul Wudhuu-a li raf’il hadatsil ashghari fardhal lillahi ta’aala.

Artinya : aku berniat wudhu untuk menghilangkan hadas kecil. Fardhu karena Allah ta’aala.

  1. setelah itu membasuh kedua tangan hingga siku sebanyak tiga kali.
  2. membasuh rambut kepala sebanyak tiga kali
  3. membasuh kedua telinga sebanyak tiga kali
  4. membasuh kedua kaki sebanyak tiga kali
  5. tertib artinya tidak bolak – balik.

  1. Berdoa sesudah wudhu.

Sebaiknya segala sesuatu harus di akhiri dengan doa, termasuk setelah wudhu adapun doa setelah wudhu adalah sebagai berikut :

Asyhadu al laa ilaaha illallahu wahdahu la syariika lah, wa asyhadu anna muhamadan abduhu wa rasuuluh. Allaahummaj’alnii minawwaabiina waj’alni minal mutatahhirin, waj’alni min ibaadikash shaalihiin, subhaanakallaahumma wa bi hamdika asyhadu allaa ilaaha illaa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya :

Aku bersaksi bahwa tiada tuhan ( yang berhak di sembah ) kecuali Allah yang maha esa, tiada sekutu bagiNya dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba dan rasul Nya. Ya Allah jadikanlah aku termasuk golongan orang – orang mensucikan diri, dan jadikanlah aku termasuk orang – orang yang saleh. Maha suci engkau ya Allah dan dengan memujimu, aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan ( yang berhak di sembah ) kecuali engkau. Aku mohon ampun kepadaMu dan aku bertoba kepadamu.

Baiklah mungkin baru sampi disini saja dulu tulisan saya, lain waktu insya Allah jika saya sehat akan saya lanjutkan tulisan ini. Tegur sapa sangat saya harapkan disini silahkan tuliskan kritik dan sarannya mengenai tulisan ini siapa tau ada yang salah insya allah saya akan perbaharui.

0 komentar:

 

Ka'bah Night | powered by Blogger | created from Minima retouched by ics - id