Minggu, 04 Januari 2009

Sholat 5 Waktu

Kewajiban Sholat 5 WaktuCetak halaman iniKirim halaman ini melalui E-mail

وَأَقِيمُوا الصَّلاَةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ * سورة البقرة 43

Dan dirikanlah sholat, dan bayarlah zakat, dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk

Keterangan:

Ayat ini menjelaskan tentang kewajiban sholat dan zakat, serta sholat berjamaah secara umum. Penjelasan mengenai waktu dan cara sholat, siapa saja yang harus mengerjakan sholat, jenis-jenis zakat, nisob dan jumlah zakat, terdapat pada ayat-ayat Al-Qur’an yang lain dan dijelaskan secara lebih gamblang pada ucapan dan perbuatan Nabi yang terdapat dalam Al-Hadits


قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اللَّهُ تَعَالَى إِنِّي فَرَضْتُ عَلَى أُمَّتِكَ خَمْسَ صَلَوَاتٍ وَعَهِدْتُ عِنْدِي عَهْدًا أَنَّهُ مَنْ جَاءَ يُحَافِظُ عَلَيْهِنَّ لِوَقْتِهِنَّ أَدْخَلْتُهُ الْجَنَّةَ وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهِنَّ فَلاَ عَهْدَ لَهُ عِنْدِي * رواه أبو داود كتاب الصلاة

Bersabda Rosululloh SAW, berfirman siapa Alloh Yang Maha Luhur: “Sesungguhnya mewajibkan aku atas umatmu Muhammad 5 (waktu) sholat dan menjanjikan aku di sisiku dengan janji, bahwasanya orang yang datang dengan menjaga atas 5 (waktu sholat) pada waktunya, akan kumasukkan dia ke surga. Dan barang siapa yang tidak menjaga atas 5 sholat, maka tidak ada janji baginya di sisiku.”

Keterangan:

Hadits ini menerangkan tentang kewajiban sholat. Barang siapa (siapa saja) yang menjaga sholat 5 waktu, maka pada hari kiamat akan dijanjikan surga oleh Alloh. Dan barang siapa yang tidak menjaga pada sholat 5 waktu, Alloh tidak bisa menjanjikan surga untuknya. Karena di akhirat nanti hanya ada dua tempat, yaitu surga atau neraka, akan kemanakah orang yang tidak dijanjikan surga oleh Alloh?


عَنْ جَدِّهِ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُرُوا الصَّبِيَّ بِالصَّلاَةِ إِذَا بَلَغَ سَبْعَ سِنِينَ وَإِذَا بَلَغَ عَشْرَ سِنِينَ فَاضْرِبُوهُ عَلَيْهَا * رواه أبو داود كتاب الصلاة

Dari Jaddid, berkata dia: Bersabda Nabi SAW: “Perintahlah kalian pada anak kecil dengan sholat ketika telah berumur 7 tahun. Dan ketika telah berumur 10 tahun maka memukullah pada anak karena meninggalkan sholat”

Keterangan:

Nabi memerintahkan kepada umat muslim agar membiasakan anak mereka untuk mengerjakan sholat 5 waktu ketika berumur 7 tahun. Dan jika setelah sampai umur 10 tahun anak tersebut belum mau juga untuk mengerjakan sholat 5 waktu, maka orang tua agar mengingatkan anak dengan cara memberi pukulan yang mendidik, bukan dengan pukulan-pukulan keras yang malah membuat anak trauma.

Dari hadits ini dapat kita lihat bagaimana wajibnya mengerjakan sholat 5 waktu. Bahkan anak umur 10 tahun (yang biasanya belum baligh) sudah diperintahkan untuk dipukul jika meninggalkan sholat.


Download Slide Show Tata Cara Sholat

BIsmillah…

Segala puji hanya milik Allah, Pencipta alam semesta.Kita patut bersyukur, karena kasih sayang Allah yang tiada taranya. Yang telah menurunkan Syari’at Islam, sehingga kita dapat berjalan di muka bumi ini sesuai dengan yang di ridhoi-Nya. Syari’at ini tidak akan sampai kepada kita apabila tidak disampaikan oleh Rosul kita Muhammad SAW, semoga Allah menurunkan rahmat kepada Beliau.

Salah satu syari’at yang diajarkan oleh Hamba Allah yang paling mulia itu adalah Shalat 5 Waktu. Kita tentu sudah meyakini betapa pentingnya kewajiban sekaligus kebutuhan kita tersebut. Namun sangat disayangkan, betapa banyaknya umat muslimin termasuk kita semua yang masih belum mengetahui tata cara shalat yang benar.  Oleh karena itu “Belajar” adalah salah satu jalan keluar dari kebodohan tersebut.

Belajar Sholat bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Asalkan dengan suatu catatan sholat yang kita laksanakan haruslah sesuai dengan yang diajarkan oleh Rosululloh Muhammad SAW. Bukankah Beliau telah bersabda “Sholatlah sebagaimana kalian melihatku Sholat.” Bila kita sewaktu kecil belajar sholat oleh ustadz atau kiayi tanpa mengetahui dasar-dasarnya yang jelas, maka saat inilah kewajiban kita untuk mencari ilmu tentang sholat tersebut.

Kali ini antum dapat mendownoad tata cara Sholat yang insya Allah sesuai yang diajarkan oleh beliau. Apabila antum menemukan sesuatu hal yang dianggap ganjil atau tidak sesuai dengan syari’at Rasul Muhammad SAW silahkan hubungi saya..

Area Download


0 komentar:

 

Ka'bah Night | powered by Blogger | created from Minima retouched by ics - id